Capacity Building Inspektorat Jenderal 2018


  Rabu, 25 April 2018 Kegiatan Itjen

Mengingat pentingnya peningkatan kerjasama SDM, Inspektorat Jenderal mengadakan acara Capacity Building 2018 bertemakan "Menuju APIP yang berintegritas" di Westlake Resort Yogyakarta pada tanggal 21-23 Maret 2018. Acara ini dibuka langsung oleh Plt. Inspektur Jenderal Ansar Husen, beliau mengharapkan acara tersebut dilakukan dengan semaksimal mungkin oleh segenap pegawai dilingkungan Inspektorat Jenderal Kemendesa PDTT agar dapat tercapai sinergisitas cita-cita Inspektorat Jenderal. Oleh karena itu, mengingat pentingnya acara ini, Bagian Kepegawaian dan Umum (KUM) Inspektorat Jenderal selaku panitia yang mengawal acara tersebut, melakukan beberapa treatment yang berguna untuk meningkatkan kerjasama serta pengembangan sinergitas SDM, yaitu salah satunya dengan agenda antara lan :

1. Training Motivation

Acara ini dilaksanakan pada hari pertama Capacity Building setelah pembukaan oleh Plt Inspektur Ansar Husen. Training Motivation lewat semangat tagline “Kerja Cepat, Kerja Cerdas” acara ini bertujuan tercapainya pengembangan diri (personal development) dan tim (team development) yang dapat dirasakan oleh para peserta. Bukan hanya itu, Training Motivasi diharapkan juga mampu memberikan rasa Serving Attitude dan Apresiatif dari Inspektorat Jenderal kepada masyarakat luas.

2. Standup Comedy Itjen (Sajen)

Acara ini dilaksanakan pada hari pertama Capacity Building setelah Training Motivation, dilanjutkan dengan acara Stand Up Comedy Itjen (Sajen). Adapun tujuan dari acara ini adalah memberikan peluang kepada para “pelawak” itjen Kemendesa untuk unjuk gigi memberikan sedikit pertunjukan yang dimana membuat rekan-rekan itjen tertawa lepas sekaligus mencairkan suasana kebersamaan saat menuju waktu tengah malam.

3. Outbond and Tours

Di hari kedua, seperti pada umumnya outbond merupakan treatment umum dipakai dalam acara meningkatkan kerjasama, dengan beragam jenis permainan yang diselenggarakan, harapan besar dari pegawai lingkungan Inspektorat Jenderal dapat melakukan komunikasi efektif (effective communication), pengembangan tim (team building), pemecahan masalah (problem solving), kepemimpinan (leadership), kerja sama (sinergi), konsentrasi/fokus (concentration), kejujuran/sportivitas sehingga bersemangat ketika kembali bekerja dan melahirkan ide-ide serta terobosan baru yang bermanfaat bagi kemajuan Inspektorat Jenderal Kemendesa PDTT. Selain itu, Inspektorat Jenderal Kemendesa PDTT juga melakukan tours wisata bersama di Gua Pindul, Gunung Kidul Yogyakarta, yang dimana untuk merelaksasikan pikiran dan harmoni kebersamaan.

4. Itjen Idol and Sing a Song Together

Untuk lebih menghangatkan suasana kekeluargaan yang juga sekaligus penutupan dari agenda Capacity Building Inspektorat Jenderal, Itjen melakukan kegiatan Itjen Idol dan Bernyanyi bersama, kegiatan ini diharapkan mampu mengembalikan kegairahan dan kebahagiaan pegawai lingkungan Inspektorat Jenderal.

Dengan berjalannya Acara ini, diharapkan cita-cita, visi dan misi Inspektorat Jenderal Kemenedesa PDTT mampu untuk berjalan secara penuh tanggung jawab dan konsisten, khususnya pelayanan kepada masyarakat agar selalu berkembang menuju lebih baik. (FAIS/ITJEN/2018)