Kampanye Gernas Bangga Buatan Indonesia 2022 Maluku Utara, Menteri Desa PDTT Hadiri Acara Puncak


  Kamis, 20 Oktober 2022 Berita Itjen

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi atau Mendes PDTT, Dr. (H.C.) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M. Pd., menghadiri kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis 13 Oktober 2022.
Dalam sambutannya Gus Menteri mengatakan, gerakan yang dicanangkan oleh pemerintah ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM).
Pada kesempatan tersebut,Gus Menteri mengajak seluruh kepala daerah dan seluruh jajaran untuk menindaklanjuti apa yang menjadi komitmen presiden, terkait belanja produk dalam negeri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta bangga terhadap buatan Indonesia.
"Yang itu semua demi bangsa Indonesia, dan yang terpenting adalah setelah dari sini, kita manfaatkan terkait produk kita. Kita optimalkan dan itu hakikatnya untuk kita semua," ucap Gus Menteri, begitu panggilannya dalam sambutannya.

 

Disampaikan juga dalam sambutannya, Bapak Presiden memiliki komitmen yang amat tinggi bagi kepentingan bangsa dan negara. Dimana cara pandangannya sangat nasionalis.
“Bukan hanya dari cara pandangannya saja tapi sikap dan perilakunya beliau itu betul-betul membanggakan kita semua sebagai warga negara Indonesia.Ini penting saya sampaikan karena ini adalah menjadi bagian dari komitmen kita bersama,” ucapnya dihadapan tamu undangan.
Pada kesempatan itu, Abdul mengajak kepada seluruh Kepala Daerah dan seluruh jajaran untuk terus mnindaklanjuti apa yang menjadi komitmen Presiden untuk kepentingan bangsa dan negara.
Gus Menteri menyampaikan terimakasih dan bersyukur memiliki Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi penanggung jawab Gernas BBI.
Ia juga menyampaikan terimakasih atas tanggung jawab yang diberikan dan kepada pejabat tinggi madya beserta seluruh pejabat tinggi pratama kementerian desa, atas suksesnya kegiatan yang dilaksanakan. "Beliau betul-betul mengawal dan memantau setiap kegiatan," ujar Halim.

 

Penutupan acara Gernas-BBI ini ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Menteri Desa, di dampingi Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi. Turut hadir pada kegiatan ini, selain para pejabat tinggi madya dan para pejabat tinggi pratama Kementerian Desa PDTT beserta jajarannya, juga dihadiri Ketua DPRD serta Forkompimda Provinsi Maluku Utara, Pejabat yang mewakili Gubernur Bank Indonesia, Pejabat Yang Mewakili Direktur Utama PT. Pertamina (Persero), Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, Para Bupati dan Walikota Se-Provinsi Maluku Utara, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan beserta Para Pengurus BumDes/BumDesma dan Pelaku Usaha/UMUM Se-Maluku Utara. (FG)