Menteri Desa PDTT menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan


  Selasa, 22 Nopember 2022 Berita Itjen

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November, Kementerian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT) menyelenggarakan Upacara Bendera pada Kamis pagi (10/11) di Jakarta. Menteri Desa, PDTT Abdul Halim Iskandar bertindak sebagai inspektur upacara, sementera Direktur Penyerasian Rencana Program Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Rafdinal, S Sos, MTP berlaku sebagai komandan upacara.

Upacara bendera diikuti oleh para pejabat dan pegawai Kementerian Kemendesa, PDTT. Tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini ialah, “Pahlawanku Teladanku”.

Dalam amanat beliau menyampaikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak akan bisa beridiri menjadi Negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Menurut Gus Menteri, perjuangan merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat. Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu.

Sikap Kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan pengorbanan yang penuh militansi sedangkan sikap kesetiakawanan sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial atau batin.Hal itu, lanjut Gus Menteri harus dimaknai bukan hanya sekedar ungkapan saja, melainkan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia.

Menteri Desa, PDTT menyebutkan dengan tema Pahlawanku Teladanku diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus, kecintaan pahlawan terhadap Tanah Air yang melebihi kecintaan terhadap diri sendiri patut menjadi teladan bagi semua orang, terlebih bagi pejabat dan pegawai di lingkungan Kemendesa PDTT yang merupakan pelayan publik. Kita harus mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi/golongan.

Pada kesempatan ini, Gus Menteri juga menyerahkan sertifikat pegawai teladan kepada para PNS dan PPNPN Teladan periode Oktober 2022. Inspektorat Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengucapkan selamat kepada Samiran SAP dan Igfirly Yaa Allah, S.Kom yang terpilih sebagai Pegawai Teladan Itjen KDPDTT bulan Oktober 2022, semoga dapat menjadi inspirasi bagi pegawai lainnya. (fg)

Foto : Nugrah Setiadi/Biro Humas KDPDTT