Workshop Saber Pungli di Lingkungan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi


  Selasa, 11 Desember 2018 Kegiatan Itjen

Dalam rangka peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat, pemerintah telah membentuk Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar (Saber Pungli) melalui Peraturan Presiden No 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Oleh karenanya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi khususnya Inspektorat Jenderal memiliki amanat terhadap Pemberantasan Pungutan Liar khususnya di Unit Kerja masing-masing di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Menindaklanjuti  hal tersebut, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi melalui Keputusan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 93 Tahun 2016 telah membentuk Unit Pemberantasan Pungutan Liar di lingkungan Kementerian Desa, PDT  dan Transmigrasi yang melibatkan seluruh Unit Kerja Eselon I dengan tugas  melaksanakan pemberantasan pungutan liar. Berdasarkan Kepmen tersebut tugas dan fungsi Unit Pemberantasan Pungli (UPP) dibagi dalam kelompok kerja unit pencegahan, penindakan dan yustisi dan secretariat, semuanya dalam rangka pencegahan dan pemberantasan pungli di lingkungan Kementerian Desa, PDT  dan Transmigrasi.

Dengan adanya Workshop Saber Pungli yang diadakan di Crowne Plaza Bandung dengan peserta dari lingkungan unit kerja lingkungan Kementerian Desa, PDT  dan Transmigrasi serta Balai kerja yang dimiliki oleh Kementerian Desa, PDT  dan Transmigrasi. Peserta Workshop Saber Pungli Tahun 2018 berjumlah  kurang lebih 50 (empat puluh) orang terdiri dari :

  1. Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kemendesa PDTT.
  2. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balilatfo Kemendesa, PDTT.
  3. Auditor Madya Inspektorat II dan V.
  4. Satgas Dana Desa

Implementasi pelaksanaan  saber pungli di Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dalam beberapa tahun ini belum berjalan sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan ini Inspektorat Jenderal menyelenggarakan Workshop Saber Pungli dengan tema “Mewujudkan Peningkatan Pelayanan Publik melalui Pencegahan Pungutan Liar

Narasumber Workshop Saber Pungli Tahun 2018 adalah :

  1. Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat, dengan tema Strategi Pencegahan Pungli di Kementerian/Lembaga.
  2. Irwasda Polda Jawa Barat, dengan tema Pencegahan dan Penegakan Hukum Pungli di Propinsi Jawa Barat.
  3. Walikota Bandung, dengan tema Pencegahan Pungli dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Bandung.

Dalam upaya meningkatkan kinerja Unit Pemberantasan Pungli Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, maka beberapa kegiatan yang  dilaksanakan antara lain:

  1. Melaksanakan sosialisasi dan pemahaman tentang pencegahan dan pemberantasan pungli,  kepada seluruh pegawai sampai ketingkat  bawah.
  2. Menyusun Rencana Aksi Saber Pungli Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi.
  3. Penyusunan SOP kegiatan saber pungli.

Diharapkan dengan dilaksanakan workshop saber pungli, mampu meningkatkan pemahaman, kesadaran dan komitmen pencegahan pungutan liar, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Workshop ini diharapkan menjadi momentum bagi penguatan UPP di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal. (FAIS/ITJEN/2018)

---------

Follow Us On !

Twitter      : Itjen_Kemendes

Instagram : itjen_kemendes

Youtube     : Itjen Kemendes

Website     : itjen.kemendesa.go.id