Menumbuhkan Semangat Anti korupsi Lewat Pameran Hari Anti Korupsi Dunia (HAKORDIA) Tahun 2018


  Rabu, 19 Desember 2018 Berita Itjen

Jelang peringatan Hari Anti Korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) salah satu instansi independen dalam bidang pemberantasan tindak pidana korupsi, kembali menyelenggarakan serangkaian acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 4-5 Desember 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Momentum Hakordia menjadi salah satu unsur sosialisasi secara tidak langsung sosialisai pencegahan dan korupsi yang diupayakan dalam bentuk gelaran pameran. Tidak sedikit Kementerian / Lembaga / Provinsi setempat ikut memeriahkan pergelaran Hakordia.  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menjadi salah satu instansi yang terpilih dan di undang oleh KPK, salah satu alasannya ialah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi aktif dalam mengkampanyekan sosialisasi anti korupsi dan sejenisnya. Tentunya, kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk bergegas mempersiapkan bentuk pameran pada acara yang diadakan KPK tersebut.

Sebelum pengunjung bisa menilik booth pameran satu persatu dari setiap Kementerian / Lembaga, serangkaian acara diawali oleh pembukaan resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kemudian dilanjutkan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK). Pameran hari antikorupsi terbuka untuk umum, pengunjung bisa mengunjungi berbagai booth pameran inovasi anti korupsi dari berbagai kementerian, lembaga, aparat penegak hukum, BUMN dan lembaga lain di sepanjang selasar ruang Birawa-Binakarna hotel Bidakara.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo turut menghadiri acara Hakordia, sekaligus mengunjungi pameran yang digelar khususnya menelisik booth pameran dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tersebut. Eko Putro Sandjojo memberikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan acara pameran tersebut dan menjadi semangat baru Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk selalu berkomitmen dalam pencegahan dan pemberantasan Korupsi

Humas dan Biro Kerjasama sebagai inisiasi utama dalam pameran booth yang diselenggarakan oleh KPK, selain menggaet Pusdatin sebagai handle dibidang E-Complaint yang dipamerkan pada acara tersebut, juga menggaet Inspektorat Jenderal. Adapun pameran booth yang ditampilkan oleh Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, memiliki konsep green white visual, yang membuat booth memiliki ciri khas sesuai warna sejalan pada logo instansi. Salah satu kontribusi Inspektorat Jenderal terhadap komitmen anti korupsi adalah sumbangsih ornamen berupa Roll Banner yang dihadirkan pada sisi depan berbaris empat buah, yang menampilkan konten berupa semangat pencegahan korupsi dimulai dari diri sendiri, keluarga, teman termasuk menjaga instansi dari korupsi. Tidak ketinggalan, Inspektorat Jenderal menampilkan leaflet yang di tampilkan pada sisi depan booth berupa leaflet mengenai Zona Integritas (ZI), Reformasi Birokrasi (RB), Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), Kebijakan Pengawasan (JakWas), Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) whistleblowing system (WBS), dan pungutan liar (pungli) sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat. Konten berupa Roll Banner dan Leaflet tersebut merupayakan upaya dari Inspektorat Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi khususnya hasil ide dari rekan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017. “Acara ini menjadi momentum bagi kami untuk memberikan sumbangsih ide dan gagasan terhadap komitmen anti korupsi... “ Ungkap Umar Hasan Wicaksana CPNS di unit kerja Sekretariat Inspektorat Jenderal.

Selain Pameran, kegiatan yang berangsung yang di selenggarakan oleh KPK adalah acara International Business Integrity Conference (IBIC), Festival Digital Media Pemerintah, Talkshow “Saya, Perempuan Antikorupsi” (SPAK) dan penghargaan lembaga dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik serta pelaporan LHKPN terbaik 2018. Harapan kedepan Inspektorat Jenderal dari kegiatan yang diadakan oleh KPK adalah memberikan pengetahuan lebih banyak, dan tentunya bisa bersama setiap tahunnya bersinergi memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya dibidang pencegahan dan pemberantasan segala bentuk korupsi. (FAIS/ITJEN/2018)

---------

Follow Us On !

Twitter      : Itjen_Kemendes

Instagram : itjen_kemendes

Youtube     : Itjen Kemendes

Website     : itjen.kemendesa.go.id