Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Inspektorat Jenderal Tahun 2020


  Selasa, 16 April 2019 Kegiatan Itjen

Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran berdasarkan Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2017  tentang Sinkronisasi proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional berdasarkan kaidah dan pendekatan penganggaran berbasis program (money follow program) melalui penganggaran berbasis kinerja. Oleh karenanya RKA yang yang disusun tentu saja harus mengacu dan mengakomodir semua aspek-aspek yang terkait dengan pengawalan Program-program Strategis yang telah ditetapkan oleh Pemerintah maupun Kementerian Desa PDTT dalam tahun 2020-2024.

Merujuk pada PMK nomor 142/PMK.02/2018 tentang perubahan  atas PMK nomor 94/PMK.02/2017 tentang petunjuk penyusunan dan penelahaan RKA Kementerian Negara/Lembaga dan pengesahan DIP, dalam penyusunan  RKAKL diatur dua materi pokok yaitu  pendekatan penyusunan anggaran dan proses penganggaran.

Lewat Penyelenggaraan Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Inspektorat Jenderal Tahun 2020 yang dilaksanakan pada  hari Rabu  tanggal 10 April 2019 di Swiss Bel Kalibata, diharapkan dalam penyusunan anggaran tahun 2020 ini, pendekatan dalam penyusunan anggaran dan proses penganggaran sesuai ketentuan diatas dapat di implementasikan sehingga dapat tersusun RKAKL Itjen yang optimal sesuai kaidah-kaidah penganggaran. Pendekatan dalam penyusunan RKAKL Itjen Tahun 2020 yang perlu dipedomani adalah pengawalan Rencana Srategis Kementerian Tahun 2020 -2024 (RPJM) yang telah ditetapkan.

Rapat dihadiri oleh Para Inspektur, Para Kepala Bagian, Para Kasubag TU Inspektorat, dan petugas penyusun RKAKL dari masing-masing Unit Kerja Eselon II di lingkungan Inspektorat Jenderal. Narasumber oleh Bapak Itjok Hendarto dari DJA Kemenkeu, dan Inspektur V Kementerian Desa PDTT Bapak Budi Winarto. 

Penyusunan Anggaran berbasis Kinerja bertujuan untuk :

  • Mengutamakan upaya pencapaian hasil kerja (ouput) dan dampak (outcome) atas alokasi belanja (input) yang ditetapkan
  • Disusun berdasarkan sasaran tertentu yang hendak dicapai dalam satu tahun anggaran
  • Program dan kegiatan disusun berdasarkan renstra/tupoksi Kementerian Negara/Lembaga

Inspektorat Jenderal sebagai APIP mempunyai peran yang sangat penting dalam mengawal program strategis Kementerian, oleh karenanya Rencana Kerja Anggaran Inspektorat yang disusun harus dapat meningkatkan kontribusi Inspektorat Jenderal dalam pencapaian target-target program prioritas Kementerian secara nyata. RKA Inspektorat Jenderal tahun 2020, diharapkan tidak hanya menetapkan target-target output (keluaran), namun juga menyajikan dampak (outcome) yang yang dapat diukur kinerjanya dalam mendukung pencapaian program-program prioritas kementerian.

Dalam penyusunan RKA agar dilakukan sinkronisasi rencana dan pelaksanaan pengawasan antar Inspektorat, meliputi jenis pengawasan yang dilakukan, ruang lingkup, periode (waktu)  serta tujuan kegiatan pengawasan. Antara lain: Pengawasan BMN, Reviu Laporan kinerja, Reviu Laporan Keuangan, yang dalam pelaksanaan masih terdapat perbedaan.

Sebagai contoh, ketersediaan anggaran untuk pemenuhan Gaji CPNS 2019 setelah perhitungan yang dilakukan oleh Bendahara gaji, diprediksi terdapat kekurangan gaji, Pemenuhan kekurangan tersebut harus dipenuhi dari anggaran sendiri, untuk itu Itjen harus melakukan optimalisasi dari anggaran 2019.

Optimalisasi bisa dilakukan dengan cara pengurangan pada:

  • Perdin
  • RDK
  • Rapat2 luar kota, seperti fullboard bisa dihilangkan menjadi fullday dalam kota

Lewat contoh diatas, Rencana Kerja Anggaran merupakan suatu acuan yang harus dipatuhi dan dipantau oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi agar pengelolaan keuangan negara berjalan dengan tertib, taat pada peraturan, efisien, dan efektif dalam mendukung pelaksanaan program dan kegiatan, baik Inspektorat Jenderal  serta Kementerian Desa PDTT. Harapan rapat Inpektorat Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dapat menghasilkan perencanaan anggaran Itjen yang berkualitas, sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku sehingga program pengawasan Kemendesa PDTT dapat dilaksanakan dengan lebih optimal. (EDI-LILIK-FAIS/ITJEN/2019)

---------

Follow Us On !

Twitter      : Itjen_Kemendes

Instagram : itjen_kemendes

Youtube     : Itjen Kemendes

Website     : itjen.kemendesa.go.id