Silaturahmi Bersama Bapak Menteri Desa, PDTT Dan Launching Aplikasi EKOntrol


  Rabu, 08 April 2020 Berita Itjen

JAKARTA - Inspektorat Jenderal dalam perannya sebagai aparat pengawasan intern di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, telah berupaya melaksanakan tugas dan fungsinya sejak tahun 2015 sampai dengan saat ini, mengawal pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan desa, daerah tertinggal dan transmigrasi.  Perlahan tapi pasti peran APIP telah berubah dari watchdog menjadi quality assurance dan consulting, yang dilaksanakan melalui :

  1. Pengawalan dan pendampingan pelaksanaan Reformasi Birokrasi,  tercapainya nilai Reformasi Birokrasi yang meningkat setiap tahun.
  2. Pendampingan pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP)
  3. Implementasi SPIP yang semakin baik sehingga target level SPIP  dapat segera dicapai.
  4. Melaksanakan audit dan pendampingan dalam penyusunan Laporan Keuangan UKE-I  dan Kementerian sebagai salah satu unsur tercapainya opini WTP oleh BPK.
  5. Penanganan Pengaduan baik terkait dana desa, maupun terkait pelaksanaan pembangunan desa, daerah tertinggal dan transmigrasi lainnya menunjukan peningkatan setiap tahunnya.
  6. Peningkatan Kapabilitas APIP melalui kegiatan Diklat Auditor, Bimtek dan Seminar serta telaah sejawat.
  7. Aksi-aksi  pencegahan korupsi  telah dilaksanakan  dan dilaporkan secara berkala kepada Kementerian terkait (KPK, KemenPAN RB).

Kegiatan pengawasan yang dilakukan APIP berdasarkan mandat yang diberikan Bapak Menteri telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Antara lain dalam melakukan Monthly Audit terhadap semua UKE-I untuk meminimalisir temuan-temuan berulang dan temuan atas laporan keuangan  dalam audit BPK. Sistem informasi pengawasan “EKOntrol” termasuk aplikasi pengawasan serta Sistem Monthly Audit, sebagai sarana pengendalian kegiatan pengawasan, penyediaan informasi dan  kegiatan pengawasan yang cepat dan akurat, yang dapat digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan bagi pimpinan.(EDIARTO/RATRIKURNIA/ITJEN/2019)

---------

Follow Us On !

Twitter       : Itjen_Kemendes

Instagram  : itjen_kemendes

Youtube     : Itjen Kemendes

Website     : itjen.kemendesa.go.id