Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI dan Itjen di lingkup BPSDM


  Rabu, 26 Januari 2022 Kegiatan Itjen

Pada Senin (24 Januari 2022) lalu, telah dilaksanakan Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI dan Inspektorat Jenderal di lingkup BPSDM. Acara ini dilaksanakan dalam rangka percepatan penyelesaian tindak lanjut rekomendasi LHP BPK-RI maupun APIP.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan pak Menteri pada raker Sinkronisasi Rencana Kerja semua UKE-I di lingkungan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi di Sukabumi yang menyatakan bahwa temuan BPK maupun APIP harus segera diselesaikan.  

Rapat dipimpin langsung oleh Inspektur Jenderal, Ibu Ir. Ekatmawati, MM, dan didampingi Inspektur I, Bapak Uled Nefo Indrahadi, SH, M.Si, dihadiri oleh Sekretaris BPSDM dan PMDTT, Auditor Inspektorat I, para KPA dan PPK di lingkungan Balai Besar/Balai serta koordinator pengelola keuangan dan BMN.

Dalam sambutannya, Inspektur Jenderal berpesan agar temuan yg ditindaklanjuti tidak lagi dilihat SPI ataupun kepatuhan, namun yg harus ditindaklanjuti adalah butir rekomendasi dari temuan. Hal ini sangat penting, mengingat perlu upaya maksimal dalam mengantisipasi terus bertambahnya temuan hasil pemeriksaan BPK-RI.

Untuk BPSDM temuan kepatuhan pada cluster baru telah ditindaklanjuti seluruhnya namun untuk butir rekomendasi SPI agar diselesaikan s.d 28 Februari 2022, dan temuan cluster lama agar segera diselesaikan paling lambat sampai dengan 31 Mei 2022”, ujar Inspektur I dalam arahannya di Aula arjuna BBPPM Yogyakarta. Bapak Uled Nefo juga menyampaikan penyelesaian temuan tidak hanya pada temuan BPK saja, namun untuk temuan APIP di beberapa unit kerja pun agar segera ditindaklanjuti baik rekomendasi yg bersifat administrasi maupun yg bersifat kepatuhan.

Selanjutnya sebagai inti dari kegiatan tersebut adalah tersusunnya roadmap TLHP BPK dan Inspektorat Jenderal. “Untuk BPSDM progres penyelesaian eks. Balilatfo sangat signifikan, namun sekarang terdapat tambahan rekomendasi temuan lagi yg harus ditindaklanjuti dari eks.PPMD”, ujar Ibu Ekatmawati dipenghujung arahannya. (FG/RK)

Foto: Rahady/Itjen Kemendesa PDTT

 

#salamAPIK

#itjenTOP

---------

Follow Us On !

Twitter       : Itjen_Kemendes

Instagram  : itjen_kemendes

Youtube     : Itjen Kemendes

Website     : itjen.kemendesa.go.id

Facebook   : itjenkemendes