Workshop Pengawasan Inspektorat Jenderal


  Selasa, 11 Desember 2018 Kegiatan Itjen

Inspektorat Jenderal sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) berkewajiban  dan berperan aktif untuk melakukan pengawalan dilaksanakannya  pemerintahan yang baik, dilingkungan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, agar semua program dan kegiatan kementerian yang dimulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan, dijalankan sesuai dengan kaidah-kaidah ke pemerintahaaan yang baik  (good governance)

Adapaun salah satu kegiatan yang menjembatani itu semua, Inspektorat Jenderal mengadakan Workshop Pengawasan di Gedung Makarti Muktitama (14/8/2018) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dengan tema Bersama Mengawal Akuntabilitas Kinerja Melalui Pengawasan Intern Yang Berkualitas. Adapun Peserta Workshop Pengawasan ini terdiri atas undangan dari K/L, para pejabat Struktural  Eselon I, II, III, dan Auditor,  di lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, yang berjumlah kurang lebih  300 (tiga ratus) orang. Sebagai Keynote Speaker dalam workshop ini, adalah Bapak Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, dengan para Narasumber  yaitu Direktur Litbang KPK dan Inspektur VII Kementerian Keuangan.

Peningkatan akuntabilitas kinerja Kementerian merupakan tujuan kementerian yang harus dikawal Inspektorat Jenderal dengan sebaik-baiknya. Berkaitan dengan peningkatan akuntabilitas kinerja Kementerian, Inspektorat Jenderal telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain :

  • Pendampingan dan evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi, hasil evaluasi pelaksanaan RB menunjukan peningkatan dalam dua tahun terakhir, rekomendasi Kemen PAN dan RB terkait RB telah ditindaklanjuti dan di monitor pelaksanaannya.
  • Pengawalan terhadap pelaksanaan SPIP, Pencegahan KKN melalui pembangunan ZI, pengendalaian Gratifikasi, penanganan pengaduan, dan kegiatan terkait Saber Pungli
  • Secara aktif melakukan Tindak lanjut Temuan Hasil Pemeriksaan BPK serta kegiatan reviu dan penyusunan Laporan Keuangan, yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam pencapaian opini WTP dari BPK  atas Laporan Keuangan  Kementerian dalam tahun 2016 dan 2017  
  • Upaya peningkatan kualitas dan kompetensi APIP melalui peningkatan kapabilitas APIP secara terus menerus.

Tujuan kegiatan Workshop Pengawasan ini adalah:

  • Meningkatkan pemahaman dan komitmen bersama Pejabat Struktural dan Fungsional dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja.
  • Meningkatkan pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepostime (KKN) dalam penyelenggaraan pemerintahan;
  • Meningkatkan peran Inspektorat Jenderal dalam melakukan pengawasan yang lebih berkualitas di lingkup Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi
  • Meningkatkan kesadaran UKE 1 pentingnya pengendalian internal melalui pengawasan yang baik sejak perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan. Tidak ragu dan sungkan dengan Itjen, karena “kami ada untuk anda”.

Arahan Keynote Speaker serta  paparan para narasumber tentu akan sangat bermanfaat bagi terbangunnya pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang  baik (good gevernance)  di lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Oleh karenanya kepada para pejabat dan pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal diharapkan dapat mengambil manfaat  dari workshop  dalam rangka peningkatan akuntabilitas kinerja Kementerian Desa PDT, dan Tansmigrasi. (FAIS/ITJEN/2018)

---------

Follow Us On !

Twitter      : Itjen_Kemendes

Instagram : itjen_kemendes

Youtube     : Itjen Kemendes

Website     : itjen.kemendesa.go.id