Rapat Koordinasi Evaluasi SAKIP Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi


  Senin, 24 September 2018 Kegiatan Itjen

Sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan perundang-undangan implementasi pelaksanaan SAKIP di lingkungan Kementerian/Lembaga dilakukan evaluasi oleh Kemen PAN RB untuk menilai tingkat keberhasilannya. KDPDTT berdasarkan hasil evaluasi KemenPAN RB, tahun 2016 dan 2017  menunjukan hasil 60.95 dan 61.79 hal tersebut menunjukan belum adanya peningkatan kinerja yg signifikan dalam pelaksanaan SAKIP. APIP dalam perannya sebagai konsultan dituntut untuk ikut berkontribusi yang optimal dalam meningkatkan nilai SAKIP KDPDTT yang dalam tahun 2018 ditargetkan mencapai nilai 75 dengan predikat BB Karena peningkatan nilai SAKIP secara langsung menunjukan adanya peningkatan kinerja kementerian dan salah satu keberhasilan dalam pelaksanaan RB.

Kegiatan Rapat Koordinasi  Evaluasi SAKIP pada  hari  ini merupakan kelanjutan dari rapat evaluasi SAKIP secara desk yang dilaksanakan di Swissbell Hotel tanggal 3-4 September 2018. Rapat Koordinasi  Evaluasi SAKIP Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang dilaksanakan pada  hari Rabu - Jumat  tanggal 12-14 April 2018 di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta sebagai berikut :

Dasar hukum penyelenggaraan Rapat Koordinasi  Evaluasi SAKIP Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi adalah:

  • Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
  • Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Evaluasi  SAKIP di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
  • Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 22 Tahun 2017 Tentangan Penerapan SAKIP di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Tujuan penyelenggaran Rapat Koordinasi  Evaluasi SAKIP Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi antara lain adalah :

  • Sebagai evaluasi awal oleh APIP thd pelaksanaan SAKIP 2018 yang diharapkan dapat diperoleh informasi tentang perbaikan-perbaikan  yg harus segera di tindaklnjuti  dalam pelaksanaan SAKIP sampai akhir 2018.
  • Sebagai langkah persiapan dalam mengantisipasi pelaksanaan evaluasi yg akan dilakukan Kemen PAN RB dalam waktu dekat

Peserta Rapat Koordinasi  Laporan Evaluasi SAKIP Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi ini terdiri atas:

  1. Tim Evaluasi SAKIP Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang terdiri dari Auditor Inspektorat I-V
  2. Perwakilan UKE I
  3. Staf di lingkungan Bagian PAP

Sebagai Narasumber  kegiatan Rapat Koordinasi  Evaluasi SAKIP Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi adalah Inspektur I sampai Inspektur V. Dengan penyelenggaraan Rapat Koordinasi ini, diharapkan Nilai Evaluasi SAKIP di lingkungan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi akan semakin meningkat sejalan dengan target yang diharapkan Bapak Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. (FAIS/ITJEN/2018)



-------

Follow Us On !

Twitter      : Itjen_Kemendes

Instagram : itjen_kemendes

Youtube     : Itjen Kemendes

Email         : itjenkemendes@gmail.com

Website     : itjen.kemendesa.go.id