Rapat Penyusunan Anggaran TA 2018 dan Finalisasi Rencana Anggaran TA 2019 Inspektorat Jenderal


  Senin, 15 Oktober 2018 Kegiatan Itjen

Inspektorat Jenderal sebagai APIP mempunyai peran yang sangat penting dalam mengawal program strategis Kementerian, oleh karenanya Rencana Kerja Anggaran Inspektorat yang disusun harus dapat meningkatkan kontribusi Inspektorat Jenderal dalam pencapaian target-target program prioritas Kementerian secara nyata. Oleh karena itu, lewat kegiatan  dilaksanakan di Hotel Dafam (4-5 Oktober 2018) tersebut yaitu Rapat Penyusunan Revisi Anggaran Inspektorat Jenderal TA 2018 dan TA 2019 ini menjadi salah satu kegiatan yang memfokuskan pada realisasi/penyerapaan dan revisi terhadap anggaran yang telah dilaksanakan selama ini. Adapun point-point yang dikaji dan dirapatkan sebagai berikut:

  1. Penyerapan Inspektorat Jenderal diharapkan memenuhi realisasi terbaik yang saat ini dengan waktu yang sedikit menuju akhir tahun 2018. Dibutuhkan kesadaran dari seluruh unsur baik itu para pimpinan, staf maupun pengelola keuangan untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan sehingga dapat memaksimalkan penyerapan di tahun anggaran 2018 ini. Sekaligus terdapat kesempatan merevisi anggaran yang harus dapat dimaksimalkan untuk melakukan optimalisasi dari sisa-sisa kegiatan.
  2. Untuk penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran TA 2019, agar masing-masing bagian dan inspektorat menyisir kembali kegiatannya untuk di sinergikan dengan rencana PKPT 2019. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2019 haruslah jelas waktu pelaksanaanya sehingga penyerapan dapat diprediksi dengan akurat.
  3. Kendala-kendala penyerapan yang dirasakan di tahun 2018 untuk dapat dijadikan acuan dalam penyusunan RKA 2019. Kegiatan-kegiatan yang menjadi kendala penyerapan di tahun 2018 agar diantisipasi di tahun 2019.
  4. Sehubungan dengan terdapatnya kelebihan gaji di tahun 2018, jangan sampai terulang lagi di tahun 2019. Agar bagian keuangan dapat melakukan penghitungan dengan akurat dan bagian perencanaan untuk dapat mengawal hal tersebut.
  5. Irjen meminta pimpinan UKE-2 ikut mengawal dalam penyusunan anggaran Inspektorat Jenderal TA 2019 sebelum DIPA turun.

RKA Inspektorat Jenderal tahun 2019, diharapkan tidak hanya menetapkan target-target output (keluaran), namun juga menyajikan dampak (outcome)  yang yang dapat diukur kinerjanya dalam mendukung pencapaian program-program prioritas kementerian.

Rencana Kerja Anggaran merupakan acuan  yang harus dipatuhi agar pengelolaan keuangan negara berjalan dengan tertb, taat pada peraturan, efisien, dan efektif dalam mendukung pelaksanaan program dan kegiatan Inspektorat Jenderal. (FAIS/ITJEN/2018)

 

---------

Follow Us On !

Twitter      : Itjen_Kemendes

Instagram : itjen_kemendes

Youtube     : Itjen Kemendes

Website     : itjen.kemendesa.go.id