Selasa (06/12/2023), telah dilaksanakan pembukaan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahun 2023 di Bigland Hotel International & Convention Hall Bogor – Jawa Barat. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Prof. (HC), Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd, dan juga dihadiri oleh Inspektur Jenderal Teguh SH,MH. dan Dirjen PPKTrans Ir. Danton Ginting Munthe, MM dan para pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Desa, PDTT. 

Gus Menteri mengapresiasi kinerja Inspektorat Jenderal yang semakin progresif dan mengingatkan kembali tugas dari Inspektorat Jenderal sebagai pemantau dan pengawas. Dalam arahannya beliau mengingatkan hal-hal yang perlu tingkatkan sesuai arahan Pak Presiden sebagai berikut:

1. Permasalahan yang sering dijumpai, dimana temuan yang sama ditiap tahun seperti temuan perjalanan dinas, namun di Kementerian Desa, PDTT temuan tersebut sudah mulai berkurang. 

2. Pengulangan perencanaan (tahunan). Arahan Presiden agar Inspektorat juga mengawal perencanaan pada masing-masing Auditi/Mitra Unit kerja. Diharapkan inovasi perencanaan tahunan tersebut kiranya bukan hanya redaksional dan copy paste dari tahun-tahun sebelumnya. 

3. Penggunaan produk dalam negeri yang belum optimal. Diharapkan untuk selalu menggunaan produk-produk dalam negeri, khususnya bisa memaksimalkan penggunaan produk dari Bumdes agar perekonomian di desa bisa meningkat.

Diakhir arahannya Gus Menteri memberikan apresiasi yang tinggi untuk kinerja Inspektorat Jenderal, dimana progress TLHP mencapai 80% diakhir Desember 2023, dan mengharapkan agar Itjen untuk terus concern dan meningkatkan inovasi sehingga terwujudnya tata kelola pemerintahan yang agile, efektif, efisien dan terpercaya.