Dalam rangka menindaklanjuti ketentuan pasal 8 Perpres Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Kementerian Desa, PDT dan transmigrasi telah membentuk Unit Pemberantasan Pungutan Liar yang diketuai oleh Inspektur Jenderal melalui Keputusan Menteri Nomor 93 Tahun 2016, maka salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal adalah menyelenggarakan Workshop Saber Pungli Tahun 2017 dengan tema "Pencegahan dan Pemberantasan Pungli menuju Clean Goverment Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi."

Inspektur II sebagai Ketua Satgas Saber Pungli (UPP) Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi menjadi salah satu narasumber yaitu turut hadir dalam acara tersebut adalah Inspektur Jenderal Kemendikbud selaku Ketua Unit Pemberantasan Saber Pungli di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kementerian Hukum dan HAM selaku Ketua Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Pusat. 

Diharapkan Output dari kegiatan tersebut adalah rencana aksi Saber Pungli Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pemerintah mempunyai komitmen yang sangat serius dalam wewujudkan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di segala lini, termasuk aksi-aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Komitmen terhadap pencegahan dan pemberantasan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, tetapi juga menjadi tanggungjawab kita semua, khususnya selaku aparat ASN.

Sebagai salah satu wujud nyata dalam melaksanakan komitmen pemberantasan korupsi, pemerintah telah mencanangkan pemberantasan segala bentuk pungutan liar (pungli) yang terjadi di instansi pemerintah dalam kegiatan pelayanan publik kepada masyarakat . Karena praktik pungutan liar telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif dan mampu menimbulkan efek jera. (ARIF/ITJEN/2017)

---------

Follow Us On !

Twitter   : Itjen_Kemendes

Instagram : itjen_kemendes

Youtube   : Itjen Kemendes

Website   : itjen.kemendesa.go.id