Banjarmasin, 3 Agustus 2023


Inspektur Jenderal Bapak Teguh, SH., M.H menghadiri undangan Kementerian Pertanian sebagai Nasarumber Rapat koordinasi Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan dengan Tema "Sinergi APIP dan APH Mengawal Program Pertanian dan Optimalisasi Fungsi Pertanian Menghadapi Dampak El Nino di Provinsi Kalimantan Selatan"


Dalam paparan Irjen Kemendesa memberikan peranan Kementerian Desa, PDTT mengenai kontribusi Dana Desa untuk mewujudkan ketahan pangan yang selasar dengan arahan Gus Menteri dalam mendukung SDGs Desa. Tujuan Pembangunan Desa adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.


Ketahanan Pangan telah diatur dalam Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi No.8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 dan diatur lebih lanjut dalam Keputusan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi No.82 Tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa. Kebijakan ketahanan pangan di Desa merujuk pada upaya pencapaian SDG’s Desa terutama pada delapan tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDG’s Desa. Ketahanan Pangan di desa bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan ketersediaan pangan baik dari hasil produksi masyarakat Desa maupun dari lumbung pangan Desa
  2. Meningkatkan keterjangkauan pangan bagi warga masyarakat Desa
  3. Meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, aman, higienis, bermutu, tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, serta berbasis pada potensi sumber daya lokal.


Pada akhir paparannya, Irjen Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi mengingatkan pentingnya prioritas penggunaan Dana Desa untuk memulihkan Perekonomian Nasional, untuk penggunaan program prioritas Nasional, dan untuk mitigasi bencana alam dan non alam. (RK)

 

Fotographer: Rahadi/Staf Sekretariat Itjen

 

“Your Strategic Partner and Trusted Advisor”